Implementasi Perorganisasian Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibadah Haji

Abstract

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen dalam suatu organisasi, penelitian dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan organisasi yang dilakukan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Pelaksanaan perlu dimaksimalkan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penyelewengan dalam meningkatkan profesionalitas kerja pengurus, guru dan pembimbing. Dengan meningkatkan kualitas manasik yang berhasil dan berdaya guna, petugas dapat memberikan layanan yang diharapkan calon jemaah haji. Metode penelitian teknik pengumpulan data deskriptif berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisis dengan menggunakan penafsir logika yang berhubungan dengan Manajemen Dakwah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya pelayanan administrasi calon jemaah haji sudah sesuai SOP, pembagian kerja sudah cukup objektif, serta pendelegasian wewenang sudah disesuaikan kebutuhan dan regulasi.