Demotivasi Dalam ESP Classroom: Pembelajaran Bahasa Inggris Teologi Pada Perguruan Tinggi Agama Kristen

Abstract

Abstract: Generally, researches about motivation in learning English were more focused on the positive influences that encourage interest in language learning and efforts to maintain the interest. Whereas, there is also another side of motivation. This condition is a loss of motivation which is then referred as demotivation. In English for Theology classroom, there were some students who are not enthusiastic in the learning process. The learning objectives will not be achieved if the students are demotivated. Considering these problems, then, the purpose of this study was to explore the demotivation factors in learning English for Theology. The research was conducted using descriptive qualitative research methods. The data were collected through semi-structured interviews with 12 students as research’s informants.The results showed  that there were two demotivation factors in learning English for Theology, namely external factors dan internal factors. External factors consist of learning environment and facilities, characteristics of English for Theology, teaching and learning methods and assessment of learning achievement. Internal factors consist of negative attitudes towards English for Theology and intelligence.   Keywords: Demotivation, ESP Classroom, English for Theology   Abstrak: Pada umumnya, fokus penelitian tentang motivasi pembelajaran bahasa Inggris lebih banyak membahas pengaruh-pengaruh positif yang mendorong minat belajar  dan upaya untuk memelihara minat tersebut. Padahal, terdapat juga sisi lain motivasi yang dialami oleh setiap mahasiswa. Kondisi tersebut adalah kehilangan motivasi yang kemudian disebut sebagai demotivasi. Apabila demotivasi muncul dalam diri para mahasiswa maka tentunya akan menghambat proses belajar dan mengajar. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa yang mempelajari Bahasa Inggris Teologi. Terdapat mahasiswa yang tidak bersemangat dalam proses pembelajaran. Jika hal seperti ini dibiarkan maka tentunya tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Melihat permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor demotivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris Teologi yang dialami oleh mahasiswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan melibatkan sebanyak 12 mahasiswa sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor demotivasi pada pembelajaran Bahasa Inggris Teologi yaitu: faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan dan fasilitas belajar, karakteristik  Bahasa Inggris Teologi, metode pembelajaran dan penilaian prestasi belajar. Faktor internal terdiri dari sikap negatif terhadap Bahasa Inggris Teologi  dan inteligensi.                                                                                                                                                                                                  Kata Kunci: Demotivasi, ESP Classroom, Bahasa Inggris Teologi