Imbas Regulasi Dan Perubahan Kultur Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sidenreng Rappang

Abstract

Abstract: Tulisan ini membahas mengenai imbas regulasi dan perubahan kultur pendidikan pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan metode Etnografi dengan desain kualitatif-deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian dituangkan dalam bentuk narasi deskriktif kualititif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan work from home dinilai sebagai salah satu tahap awal yang mempengaruhi berubahnya kondisi sosial-ekonomi, termasuk pula dunia pendidikan. Sehingga, menarik untuk menelaah imbas-imbas yang ditimbulkan terhadap pelaku pendidikan yakni guru-guru baik di pendidikan formal maupun di pendidikan non-formal. Regulasi pemerintah dalam bentuk kebijakan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mengharuskan tenaga pendidik memanfaatkan media daring sebagai platform pendidikan diterapkan hampir semua di institusi pendidikan. Banyak tantangan dan hambatan yang harus diselesaikan oleh para tenaga pendidik, para siswa bahkan para orang tua siswa ikut pula berperan di dalamnya. Upaya-upaya adaftif menjadi faktor penting demi terselenggaranya proses pendidikan sebagai amanat UUD 1945, meskipun tetap dalam dimensi keterbatasan.