Penerapan Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAK Kelas VIII C Sesi Dua Di SMP Kristen Sangalla

Abstract

Abstract: This paper is motivated by the problems of students in the learning process. So in this study applying classroom management skills in increasing learning effectiveness. The theory used to support this research is the principles of classroom management skills, components of classroom management skills, and indicators of learning effectiveness. This study aims to increase the effectiveness of PAK learning in Class VIII C session two of Sanggalla' Christian Middle School through the application of classroom management skills.This research is a classroom action research (CAR). The research data carried out 2 cycle procedures consisting of planning, implementation, observation and reflection. Sources of data obtained from informants are students, data collection techniques used are action, observation, and documentation. Analysis of the data used is descriptive data analysis. The results of research conducted in the PAK learning process with the application of classroom management skills are that in cycle 1 it has not increased so that through the theory of class management skills, actions are taken again in cycle 2, cycle 2 increases, namely 6 students get a very high category so that this has met the success criteria. Therefore, this paper provides an explanation that when teachers apply classroom management skills, it can increase the effectiveness of PAK learning.   Keywords: Class management skills, effectiveness, learning.   Abstrak: Tulisan ini dilatarbelakangi dengan  permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga pada penelitian ini menerapkan keterampilan mengelola kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Teori yang dogunakan  dalam mendukung penelitian ini yaitu prinsip-prinsip keterampilan mengelola kelas, komponen-komponen keterampilan mengelola kelas, dan indikator efektivitas pembelajaran.Penelitian  ini  bertujuan untuk menigkatkan efektifvitas pemebelajaran PAK pada Kelas VIII C sesi dua SMP Kristen Sanggalla’melalui penerapan keterampilan mengelola kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian melakukan 2 prosedur siklus yang terdiri dari perancanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data diperoleh dari informan adalah Peserta didik, Teknik pengumpulan data yang divvfgunakan yaitu tindakan, observasi,  dan dokumentasi.  Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif.Hasil penelitian yang dilakukan dalam proses pembelajaran   PAK dengan penerapan keterampilan mengelola kelas adalah  pada siklus 1 belum  mengalami peningkatan sehingga melalui teori keterampilan mengelola kelas kembali dilakukan tindakan pada  siklus 2 meningkat yaitu 6 peserta didik mendapatkan kategori sangat tinggi sehingga hal ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Oleh karena itu, pada penulisan ini memberikan penjelasan bahwa ketika guru menerapkan  keterampilan mengelola kelas dapat meningkatakan efektvitas pembelajaran PAK.   Kata Kunci: efektivitas, keterampilan mengelola kelas, pembelajaran