REFLEKSI PENGABDIAN PADA MASA PANDEMI: PENDIDIKAN KARAKTER BAGI REMAJA MELALUI PQH STUDI KASUS PADA YAYASAN MIFTAHUS SHIDDIQ CIMAHI JAWA BARAT
Abstract
Kenakalan remaja di masa pandemi menjadi hal yang memprihatinkan pada saat ini. Pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan partisipasi dalam menemukan program yang membangun karakter anak remaja melalui program keagamaan. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan remaja. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator perubahan karakter anak remaja. Adapun indikator perubahan karakter remaja meliputi timbulnya keaktifan dalam organsisasi Karang Taruna yang sebelumnya vakum, diadakannya pengajian rutinan, meningkatnya kesadaran untuk membangun self-regulation dengan diadakannya berbagai macam kegiatan positif seperti peningkatan budaya literasi, belajar berkebun, serta diskusi bersama memecahkan permasalahan yang ada.