PELATIHAN PEMANFAATAN KALKULATOR ONLINE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMTIKA BAGI GURU-GURU DI KABUPATEN CIREBON
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya pemahaman siswa akan materi yang digunakan dalam permasalahan literasi matematika dan kurangnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Literasi matematika berbasis ICT dapat dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi saat ini dengan menyesuaikan kondisi sekolah atau siswa setempat. Kendala yang dialami saat ini di Indonesia adalah minimnya tenaga guru matematika yang kompenten dalam bidang ICT. Pemanfaatan ICT dalam literasi matematika sangatlah penting, sesuai tujuan literasi matematika disini supaya dapat membantu siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah dalam kehidupan seharihari. Oleh karena itu, tim pengabdian melaksanakan pelatihan pemanfaatan kalkulator online untuk meningkatkan literasi matematika bagi guru-guru di Kabupaten Cirebon. Materi pengabdian meliputi Pengenal literasi matematika; Pengenalan lietrasi ICT; Pentingnya literasi matematika; Praktik memanfaatkan kalkulator online dalam literasi matematika. Pelatihan menggunakan teknik ceramah, tanya jawab, dan simulasi agar guru mendapatkan pengalaman langsung dan mendapat pengayaan dari tim pengabdian. Kegiatan pengabdian berdampak pada peningkatan motivasi dan kemampuan guru memanfaatkan kalkulator online dalam literasi matematika. Seluruh peserta pelatihan memiliki pandangan positif terhadap pelatihan pemanfaatan kalkulator online untuk meningkatkan literasi matematika dan memandang tingkat kebermanfaatan pelatihan pada tingkat bermanfaat dan sangat bermanfaat