Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka merupakan langkah percepatan pemulihan pembelajaran akibat kondisi pandemi Covid-19 dengan menekankan prinsip pendidikan yang berpihak kepada murid dalam segala aspek proses pembelajaran. Salah satu cara untuk dapat mewujudkan pendidikan yang berpihak kepada murid adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi yang telah dilaksanakan pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 6 Kota Serang dengan pendekatan diferensiasi konten dan diferensiasi produk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Survei dilakukan pada bulan Januari 2023 terhadap 127 murid kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran dengan pendekatan diferensiasi konten, persentase responden yang menyatakan puas atau sangat puas adalah 63,0% sedangkan yang menyatakan tidak puas atau sangat tidak puas adalah 4,7%. Adapun pada pembelajaran dengan pendekatan diferensiasi produk, persentase responden yang menyatakan puas atau sangat puas adalah 52,8% sedangkan yang menyatakan tidak puas atau sangat tidak puas adalah 5,5%.