Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Setelah Era New Normal
Abstract
Pada saat pandemi dan atau era new normal kebanyakan orang mulai dari anak muda hingga dewasa gencar melakukan belanja online melalui beberapa platform e-commerce hal ini terjadi karna pada saat pandemi di berlakukannya kebijakan PSBB (Pembatasan sosial berskala besar) sebagai upaya dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Karna di berlakukannya PSBB tersebut, banyak toko baik di pasar atau mall di tutup sehingga, banyak orang mau tidak mau harus memenuhi kebutuhannya dengan melakukan belanja secara online demi kelangsungan kebutuhan saat PSBB. Penelitian ini di lakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan shopee setelah era new normal. Dari populasi masyarakat Indonesia yang pernah memakai aplikasi shopee, di ambil mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas sebagai populasi dan 100 orang sebagai sampel. Dari penelitian terdahulu, mengatakan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari data yang sudah di kumpulkan, data tersebut lalu di olah dan di uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan setelah era new normal. Variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 56,7% terhadap kepuasan pelanggan.