Analisis Kendala pada Proses Penerimaan Piutang dari Customers dengan Metode Fishbone (Studi Kasus: PT. Samudera Sriwijaya Logistik)

Abstract

Setiap individu ataupun organisasi dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas diri yang siap bersaing di era globalisasi industri logistik. PT. Samudera Sriwijaya Logistik Palembang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran, logistik, dan kepelabuhan. Perusahaan berupaya untuk memberikan solusi dan nilai lebih kepada masyarakat dalam dunia logistik dan pelayaran. Penelitian ini membahas area kerja Finance Section mengenai kendala pada proses penerimaan piutang dari customers di PT. Samudera Sriwijaya Logistik Palembang. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui faktor penyebab yang menjadi kendala pada proses penerimaan piutang dari customers. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fishbone Diagram, kendala yang terjadi dapat diketahui faktor penyebab terjadinya permasalahan. Hasil dari penelitian menghasilkan 4P faktor penyebab masalah berupa People, Material, Process, dan Procedure serta usulan berupa solusi yang diberikan berdasarkan analisa menggunakan Fishbone Diagram.