Mutu Layanan Pendidikan di Indonesia Dalam Kajian Teoritis dan Literatur Review
Abstract
Dalam penelitian ini penulis melakukan kajian pustaka untuk melihat kajian teoritis tentang mutu pendidikan, selain dari itu penulis juga melakukan kajian loiteratur review untuk melihat pengaruh mutu atau kualitas pendidikan terhadap kepuasan dan hasil belajar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menemukan format teroritis tentang mutu pendidikan, dan juga melihat kasus-kasus dari penelitian terdahulu tentang mutu pendidikan di Indonesia berdasarkan teori-teori tentang mutu pendidikan. Sudah menjadi maklum bahwa untuk menilai sesuatu maka digunakan indikator-indikator tertentu sebagai parameter. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber utama data alam penelitian ini adalah data pustaka. Dalam penelitian kualitatif, proses analisis data dimulai saat peneliti mengumpulkan data, kemudian data-data tersebut di reduksi dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Mutu di bidang pendidikan meliputi mutu input, proses, output, dan outcome. Input pendidikan dinyatakan bermutu jika siap berperoses. Proses pendidikan bermutu apabila mampu menciptakan suasana yang PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan). Output dinyatakan bermutu apabila hasil belajar akademik dan nonakademik siswa tinggi. Outcome dinyatakan bermutu apabila lulusan cepat terserap di dunia kerja, gaji wajar, semua pihak mengakui kehebatannya lulusannya dan merasa puas. Mutu dalam konteks manajemen mutu terpadu atau Total Quality Management (TQM) bukan hanya merupakan suatu gagasan, melainkan suatu filosofi dan metodologi dalam membantu lembaga untuk mengelola perubahan secara totalitas dan sistematik, melalui perubahan nilai, visi, misi, dan tujuan. Karena dalam dunia pendidikan mutu lulusan suatu sekolah dinilai berdasarkan kesesuaian kemampuan yang dimilikinya dengan tujuan yang ditetapkan dalam kurikulum. Selain itu Dari urain kajian terdahulu tersebut didapatkan bahwa mutu pelayanan pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan dan hasil belajar. Dalam penelitian Nyoman, U. Maman Rubaman, Desitasari, Puspo Dewi Dirgantari, Ros Endah dan Gilang disebutkan bahwa kualitas dan mutu layanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta didik.