Pengaruh Mindfulness Terhadap Agresivitas Melalui Regulasi Emosi Pada Warga Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar
Abstract
Mindfulness berpengaruh terhadap agresivitas pada remaja. Pengaruh tersebut diduga terjadi secara tidak langsung melalui regulasi emosi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tidak langsung variabel mindfulness terhadap agresivitas melalui regulasi emosi. Penelitian ini melibatkan 115 orang narapidana yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kota Blitar. Pengambilan data menggunakan instrumen Toronto Mindfulness Scale (TMS) untuk mengukur mindfulness, Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS-16) untuk mengukur kesulitan dalam meregulasi emosi dan Agression scale untuk mengukur agresivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness dan regulasi emosi berpengaruh secara signifikan terhadap agresivitas. Mindfulness berkontribusi mempengaruhi regulasi emosi, dan secara tidak langsung mindfulness berpengaruh terhadap agresivitas melalui regulasi emosi dengan nilai koefisien lebih kecil daripada pengaruh langsung.