Hubungan Pengelolaan Diri Dengan Kemampuan Menghafal Alqur’an Siswa Kelas VIII Di Ma’had Al-Azhar Mtsn 2 Kota Kediri
Abstract
Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu upaya menjaga kemurnian Al-Qur’an dan kebutuhan umat muslimin terhadap diri sendiri. Namun, sebagian besar muslim merasa kesulitan dan berat untuk menghafalkannnya. Begitu juga yang dialami oleh siswa yang tinggal di ma’had dan mendapat target untuk menghafalkan Al-Qur’an. Kesibukan yang beragam dari masing-masing siswa dapat mempengaruhi kualitas menghafal Al-Qur’an. Karena itu, peneliti ingin mengetahui tentang : 1. Tingkat Pengelolaan diri siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. 2. Tingkat Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. serta, 3. Hubungan antara pengelolaan diri dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis uji korelasi product moment dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode skala dan hasil nilai tes lisan menghafal. Berdasarkan penelitian diperoleh data bahwa: 1. Tingkat pengelolaan diri pada siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri tergolong dalam kategori sedang yaitu sebanyak 22 siswa dengan presentase 44%. 2. Tingkat kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri dalam kategori sedang yaitu sebanyak 19 siswa dengan presentase 38%. 3. Terdapat hubungan positif antara pengelolaan diri dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri sebesar 0,982 Artinya semakin tinggi tingkat pengelolaan diri maka kemampuan menghafal Al-Qur’an akan semakin tinggi pula.