Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Dan Iklim Sekolah Terhadap Self Regulated Learning Siswa

Abstract

Siswa SMP Negeri 2 Kediri memiliki tingkat regulasi diri dalam belajar yang beragam. Mengingat waktu belajar yang terbatas untuk belajar di sekolah maka kemungkinan ada faktor lain yang mendukung proses belajar siswa. Dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah menjadi dua dari banyak faktor yang bisa mendukung belajar siswa. Karena itulah, peneliti ingin mengetahui mengenai pengaruh antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah terhadap self regulated learningpada siswa SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif korelatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Total sampel penelitian adalah 172 siswa yang dipilih dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala dukungan sosial keluarga, skala iklim sekolah dan skala self regulated learning. Data kemudian dianalis menggunakan analis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning (r=0,682 koefisien determinasi= 46,5%), (2) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan self regulated learning (r=0,725 koefisien determinasi= 52,5%), (3) terdapat pengaruh antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah dengan self regulated learning (r=0,725 koefisien determinasi= 52,5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah dengan self regulated learning.