Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa
Abstract
Salah satu situasi yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada siswa adalah ujian nasional, dan siswa yang dihadapkan pada situasi tersebut akan muncul perasaan cemas. Ketika akan menghadapi ujian nasional, tingkat kecemasan siswa mengalami peningkatan dikarenakan ujian nasional dilaksanakan menggunakan sistem berbasis komputer yang berbeda dengan ujian nasional sebelumnya. Dalam mencari rasa aman untuk mengatasi kecemasan yang dirasakan oleh siswa maka salah satu caranya adalah dengan meningkatkan efikasi diri. Penelitian ini penting dilakukan untuk (1) mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional, (2) mengetahui besar hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional, (3) mengetahui tingkat efikasi diri siswa, (4) mengetahui tingkat kecemasanmenghadapi ujian nasional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 MTsN 2 Kota Kediri. Total sampel penelitian adalah 186 siswa dari jumlah populasi 393 siswa yang dipilih dengan teknik probability sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala efikasi diri dan skala kecemasan menghadapi ujian nasional. Data kemudian dianalis menggunakan analis korelasi product moment dan menggunakan taraf kesalahan 5%. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional, hal ini terlihat pada nilai signifikansi 0,000 dimana p < 0,05 dan r= -0,573 (2) sumbangan efektif atau peranan efikasi diri terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional sebesar 32,8%, maka masih ada 67,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor faktor lain yaitu faktor lingkungan dan faktor individu, (3) tingkat efikasi diri di MTsN 2 Kota Kediri berada pada tingkat tinggi dengan nilai rata rata (mean) 158,32, (4) tingkat kecemasan menghadapi ujian nasional di MTsN 2 Kota Kediri berada pada tingkat sedang dengan nilai rata-rata (mean) 92,11.