Analisis Program Dakwah Islam Itu Indah di Trans Tv Perspektif Audience and Users

Abstract

Program dakwah “Islam Itu Indah” di Trans Tv dalam perspektif audience dan users? Peneliti memilih program islam itu indah, salah satu program religi yang ratingnya cukup tinggi sekitar 22. Selain memiliki rating yang tinggi, “Islam Itu Indah” juga menjadi salah satu acara terpopuler di tahun 2011 versi Tabloid Bintang. Sejak pertengahan November 2011, Tabloid Bintang mengundang masyarakat luas untuk mengisi polling “25 Acara TV Paling Popular” menurut pemirsa. Dalam hasil polling tersebut, hanya muncul dua sajian acara dakwah berupa ceramah yaitu “Islam Itu Indah” (posisi ke 20). Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah from audience to users yang dikemukakan oleh Gill Branston dan Roy Stafford. Dalam penelitian ini menganalisis program dakwah sekaligus audience sebagai penonoton dalam acara tersebut. untuk semua kalangan yang ingin menyaksikan tayangan dakwah. Untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah, diperlukan media yang efektif. Televisi merupakan media massa yang strategis sebagai sarana dakwah. Media ini sangat populer di tengah masyarakat yang dapat menjangkau audiens dan pengguna hingga ke pelosok. Penyajian materi-materi dakwah di televisi yang berbobot dan menarik menjadi bagian penting, sehingga diminati pemirsa sebagai objek dakwah (mad’u).