Video Animasi Sebagai Strategi Dakwah Analisis Peluang Dan Tantangan di Era Digital
Abstract
Di era digital saat ini, video animasi menjadi salah satu yang sangat diminati, bahkan kini kalangan generasi muda khususnya lebih tertarik belajar agama melalui media sosial dibanding datang ke masjid. Sehingga video animasi yang berisikan dakwah dan ajaran agama memiliki karakteristik yang sangat menarik, fleksibel dan mudah dipahami bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan, serta strategi video animasi sebagai media dakwah digital yang efektif. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif, dengan metode observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa video animasi menjadi media dakwah digital yang sangat diminati dan efektif karena dengan visual dan audio yang ditampilkan dapat mentranformasikan pengetahuan keagamaan kepada khalayak sesuai masyarakat butuhkan selain sebagai hiburan juga terkandung isi dakwah didalam nya. Strategi dakwah yang digunakan dengan konten yang menarik, bahkan menampilkan animasi yang kreatif serta menggunakan media sesuai target dengan design animasi bagus dan judul yang tepat menarik pembaca untuk menontonya