PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Program Studi Manajemen Pendidikan Islam INSUD Lamongan, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap terdiri dari empat tahapan: Diagnosis masalah, Perencanaan-Tindakan- Pelaksanaan Tindakan-Observasi, Analisis Data, Evaluasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata kelas A dari nilai awal 51,4 menjadi 76,3 pada siklus 2; kelas B: dari 53,5 menjadi 70; dan kelas C: dari nilai 50,4 menjadi 80,5. Hasil observasi pada setiap siklus menunjukkan metode ini juga meningkatkan sikap saling ketergantungan positif, tanggung jawab anggota, efektifitas tatap muka, mendorong komunikasi antar anggota dan kemampuan evaluasi sikap dan kerja kelompok.