تعليم اللغة العربية في مهارة الكلام على أساس اللعب الدوري بقسم تعليم اللغة العربية بجامعة سونان درجات لامونجان
Abstract
Penelitian tentang pembelajaran keterampilan berbicara merupakan terobosan mencari model pembelajaran bahasa Arab yang ideal, karenanya perlu terus dikembangkan sampai tercapai prototipe. Karena itu pula, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan berbicara yang diajarkan di kelas Pendidikan Bahasa Arab di Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Secara khusus adalah untuk mengetahui proses pembelajaran. Untuk tujuan itu, data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran keterampilan berbicara lebih menekankan pada aspek praktik bebasis peran atau simulasi sesuai tema yang dimulai dari menirukan, mempraktikkan dan mengembangkan secara mandiri. Secara umum, proses belajar mengajar berjalan relatif baik seperti pada aspek materi, silabus, metode pengajaran dan evaluasi serta media yang digunakan.