تعليم النحو الاتصالي في قسم تعليم اللغة العربية جامعة سونان درجات بلامونجان

Abstract

Nahwu merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Arab standar dan model komunikatif memungkinkan untuk digunakan dalam pengajaran nahwu karena kebutuhannya terhadap unsur-unsur dan keterampilan bahasa yang disajikan secara bertahap sesuai tingkatan kompetensi dalam proses komunikasi. Setelah mengamati problem pembelajaran nahwu di beberapa Perguruan Tinggi yang pola pembelajarannya masih belum menyentuh ranah praktis, peneliti melihat pentingnya memotret dan mengkaji model pembelajaran nahwu berbasis komunikatif yang dipraktikkan di Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dengan mengintegrasikan materi dalam mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendiskripsikan model pembelajaran nahwu komunikatif , (2) mendiskripsikan pengaruh model terhadap motivasi mahasiswa, dan (3) mendeskripsikan hambatan dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama bahwa model pembelajaran nahwu komunikatif memiliki 5 tahapan, yaitu; persiapan, pengamatan, presentasi dan simulasi, asosiasi dan generalisasi, praktik dan latihan berkonteks. Kedua bahwa pengaruh model pembelajaran nahwu terhadap motivasi dapat mengaktifkan kegiatan belajar secara efektif. Ketiga bahwa kendala yang paling dominan adalah masih lemahnya keterampilan berbahasa aktif mahasiswa dalam mengikuti pola pembelajaran nahwu komunikatif.