Pengaruh Pelayanan Bai’ Salam dalam Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Konsumen di UD. SARI
Abstract
Untuk mendapatkan konsumsi ataupun kebutuhan yang diinginkan, manusia harus melakukan suatu pengorbanan dengan menyerahkan sesuatu yang bernilai atau berharga dengan sesuatu yang diinginkannya tersebut. Yang disebut dengan bai’ salam. Salam itu jika mu’ajjal, pemesan hendaknya menyebut waktu penyerahannya barang yang dipesan, dan barang itu harus ada pada waktu penyerahan menurut kebiasaan, dan pemesan harus menyebut tempat menerima barang yang dipesan itu. Maka untuk sahnya akad salam itu disyaratkan harus diketahui batas waktunya, yang tidak mengandung penipuan dengan menyatakan dalam akad. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini adalah bersifat eksprimen yaitu dengan sengaja mengusahakan timbulnya variabel-variabel dan selanjutnya dikontrol untuk melihat pengaruh ketepatan waktu dalam pelayanan bai’ salam terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen mengenai ketepatan waktu dalam pelayanan bai’ salam tergolong baik, hal tersebut di tunjukkan oleh jawaban responden yang mengarah pada bobot penilaian setuju atau merasa puas terhadap variabel yang di teliti seperti pelayanan bai’ salam di UD. Sari Rahmah Kemantren Paciran Lamongan sesuai dengan yang diharapkan konsumen. Selanjutnya kepuasan konsumen yang diperoleh dari pelayanan bai’ salam dinilai telah baik karena mayoritas konsumen sudah menyatakan pernyataan bahwasanya mereka merasa puas dan setuju dengan pelayanan yang diberikan. Dan hasil analisis nilai koefisien regresi ketepatan waktu dalam pelayanan bai’ salam (x) adalah 0,441, ini berarti jika kualitas pelayanan berubah satu satuan maka kepuasan konsumen (y) akan berubah 0,441, jika dilihat signifikasi yaitu 0,004 lebih kecil dari 0,005 maka ketepatan waktu dalam pelayanan bai’ salam berpengaruh secara signifikasi terhadap kepuasan konsumen.