Perspektif Ekonomi Mikro Islam terhadap Pelaku Kegiatan Ekonomi
Abstract
Manusia untuk mendapatkan barang ataupun jasa untuk pemenuhan kebutuhan yang diinginkannya salah satunya harus melakukan suatu pengorbanan dengan menyerahkan sesuatu yang bernilai dengan sesuatu yang diinginkannya. Kegiatan konsumsi tidak hanya berhubungan dengan kegiatan makan dan minum, akan tetapi merupakan kegiatan dalam menggunakan barang atau jasa secara langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia secara individu. Konsumen dalam melakukan kegiatan konsumsi baik berupa barang ataupun jasa pada umumnya memiliki beberapa asumsi diantaranya adalah; barang yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan, barang dapat memberikan kepuasan, lebih dari satu macam barang maka akan menentukan kombinasi yang dapat memberikan tingkat kegunaan atau kepuasan yang maksimal. Perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku individu untuk menggunakan dan memanfaatkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Prilaku konsumsi setidaknya dikendalikan oleh lima prinsip diantaranya yaitu : Keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati dan moralitas. Faktor yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan prilaku konsumsi diantaranya : kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari studi literatur. Data-data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis, tidak semata-mata menguraikan, melainkan juga memberikan pemahaman dan penjelasan secukupnya.