Segmented Reporting Analysis Terhadap Pengambilan Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan variabel costing dalam menyusun laporan segmen. Hal ini penting karena usaha yang diteliti merupakan usaha yang menghasilkan produk yang berbeda-beda. Laba yang diperoleh dari perusahaan tersebut juga berbeda-beda, dengan biaya produksi yang berbeda pula. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan pemilik usaha dan observasi ke tempat usaha. Berdasarkan hasil analisis mengenai penggunaan variabel costing dalam pembuatan laporan segmen, penulis dapat mengetahui besarnya laba yang didapat dari penjualan setiap produk dan mana saja produk yang dapat meningkatkan probabilitas dari usaha tersebut. Informasi yang disajikan dalam laporan laba rugi segmen sangat lebih terperinci untuk setiap produk, hal ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai alat bantu dalam mengendalikan biaya di masa yang akan datang.