PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MI UJUNG BULO
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi dilapangan bahwa pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah. Teknik mengajar guru dalam pembelajaran kurang mampu membuat siswa aktif. Siswa masih kurang pemahaman terhadap materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penilaian daya serap klasikal pada Siklus I dan II sebesar 70,85% dan 86,05%. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada Siklus I dan II sebesar 40,63% dan 96,88%. Dan daya serap individu pada Siklus I dan II sebanyak 31 siswa dan 31 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dilakukan guru dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun 2020-2021. Selain itu juga, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sangat efektif digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun 2020-2021.