PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH
Abstract
Kemampuan dalam mengajar merupakan hal yang esensial yang harus dimiliki oleh guru. Hal ini penting diperhatikan agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Namun, permasalahan yang sering ditemukan di lapangan bahwa RPP yang telah disusun oleh guru pada kegiatan inti tidak sesuai dengan langkah-langkah model/ metode/ strategi pembelajaran yang digunakan. Kemampuan guru dalam membuat RPP masih rendah dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran banyak yang tidak sesuai dengan RPP yang telah guru buat sebelumnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, mendorong peneliti untuk mengetahui penerapan dan efektivitas supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di MIS Maarif NU Silanggaya Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan daya serap kelompok terhadap kemampuan guru pada Siklus I, II, dan III sebesar 73,49%, 80,11%, dan 87,88%. Peningkatan ketuntasan kelompok terhadap kemampuan guru pada Siklus I, II dan III sebesar 60,00%; 80,00%; dan 100,00%. Sedangkan peningkatan daya serap individu terhadap kemampuan guru pada Siklus I, II, dan III sebanyak 12 siswa, 16 siswa, dan 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi akademik pengawas memiliki efektivitas dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT.