STRATEGI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan blended learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). wawancara, (2). observasi, (3). dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi pengorganisasian blended learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal dilakukan dengan a) Strategi pengorganisasian mikro dilakukan dengan metode pengorganisasian isi pembelajaran pada Perencanaan penerapan metode blended learning meliputi perencanaan materi pembelajaran, memilih model pembelajaran yang tepat, pembuatan kelompok belajar dan perencanaan penataan kelas. b) Strategi pengorganisasian makro pembelajaran blended learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan membuat RPP, Promes, Prota, silabus dan perencanaan-perencanaan lain. 2) Strategi penyampaian blended learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal Normal di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek yang dilakukan secara daring dan luring. a) Strategi penyampaian secara daring dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal dilaksanakan dengan guru menyampaikannya dengan menggunakan aplikasi model, dimana saat kegiatan berlangsung menggunakan aplikasi model. b) Strategi penyampaian secara luring dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal dilakukan dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah, serta dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berupa LCD, video animasi, dan sumber belajar berupa buku paket ataupun LKS, 3) Strategi pengelolaan blended learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal Normal di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek dilakukan guru dengan membuat catatan-catatan yang berisi tentang nilai-nilai dari keseharian siswa dan ada juga catatan yang diambil dari ulangan-ulangan siswa itu sendiri, penjadualan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, pengelolaan motivasional dan kontrol belajar.