Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini

Abstract

Permainan pohon angka banyak mengandung unsur pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permainan pohon angka dalam mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian guru kelas dan guru pendamping. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi, teknik analisa data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, permaian pohon angka dapat mengembangkan kecerdasan kognitif anak, ditandai dengan stimulasi visual berupa pohon angka mengakibatkan anak bisa menjawab ketika di tanya, tingkat pemahaman anak dalam memahami pelajaran dan tingkat pemahaman anak dalam menyelesaiakan tugas, kedua, kendala dalam permainan pohon angka adalah tingkat kemampuan IQ anak yang belum bisa menjumlahkan dengan angka yang banyak, sifat anak yang cepat bosan, ketiga, guru membiasakan anak bisa memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, membiasakan anak dengan menunjukkan sikap kreatif, inisiatif dalam memilih tema permainan