Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts

Abstract

Permainan loose parts adalah permainan yang dapat dipindahkan, digabungkan dan dirancang kembali dengan berbagai cara yang meningkatkan kreativitas dan berfikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis anak usia dini melalui teknik pmbelajaran brbasis permainan loose parts. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc.taggart meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menyatakan adanya peningkatan kemampuan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis anak usia dini melalui teknik pembelajaran berbasis permainan loose parts. hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata pra siklusĀ  yaitu 37% siklus I meningkat menjadi 64% dan mengalami peningkatan paling tinggi pada siklus II menjadi 86%. temuan penelitian bahwa teknik pembelajaran berbasis permainan loose parts dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis anak usia dini