Penerapan Pembelajaran Practical Life Skill Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran practical life skill merupakan latihan kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran practical life skill dalam pembentukan karakter anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran practical life skill dapat membentuk karakter kemandirian, tanggung jawab dan disiplin anak usia dini melalui  metode  pendekatan pembelajaran practical life skill, hal ini di buktikan dengan anak dapat membereskan mainan setelah bermain, menempatkan sepatu pada tempatnya, menempatkan tas pada tempatnya dan membersihkan makanan setelah makan. Proses penerapan pembelajaran practical life skill yaitu  dengan cara penentuan jadwal pembelajaran, tema-tema pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Kendala menyebabkan kurangnya penerapan pembelajaran practical life skill tema-tema pembelajaran practical life skil yang diajarkan tidak sistematis, dan impelementasi pembelajaran practical life skill tidak sistematis