Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini
Abstract
Media kartu bergambar adalah salah satu media yang mampu menarik minat belajar anak usia dini. Tujuan penelian ini adalah untuk menganalisis penerapan media kartu bergambar untuk pengembangan kemampuan membaca pemulaan anak usia dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas pada kelompok B peserta didik dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan pertama, penerapan media kartu bergambar yakni merumuskan perencanaan pada RPPH, menampilkan kartu secara berurutan dan memberi kesempatan anak bermain tebakan, melakukan penilaian dengan menampilkan kartu acak. Kedua, faktor yang menyebabkan kemampuan membaca permulaan anak masih rendah diantaranya keragaman kecerdasan anak, kondisi kesehatan, keterampilan guru, kesiapan sekolah. Ketiga, faktor pendorong peningkatan kemampuan membaca permulaan anak adalah keikutsertaan orang tua dalam kegiatan belajar, kesiapan mental, lingkungan keluarga dan sosial