Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak
Abstract
Manajemen sarana dan prasarana sangat penting untuk dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan kurikulum, bendahara, serta staf tata usaha. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan perencanaan sarana dan prasarana disusun pada awal tahun dengan menganalisis kebutuhan; (2) Kebijakan pengadaan sarana dan prasarana sesuai dengan prosedur yang ada; (3) kebijakan pengorganisasian sarana dan prasarana sesuai dengan keputusan kepala sekolah; dan (4) pemeliharaan sarana dan prasarana cukup akuntabel