Penerapan Pendekatan Pembelajaran Beyond Center And Circle Time Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
Abstract
Pada dasarnya pendidikan anak usia dini adalah bagaimana anak bisa mendapatkan fasilitas untuk mereka berkembang, bertumbuh dan belajar dengan cara dan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan Beyond Centre And Circle Time terhadap keterampilan anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping dan anak didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisi data meliputi reduksi data, penyanjian data dan verifikasi data. Hasil penelitian pertama nemunjukan bahwa pendekatan Beyond Centre And Circle Time terhadap dapat menimbulkan keterampilan sosial anak diantaranya anak memiliki banyak teman, anak bisa berinteraksi dengan baik, anak dapat berkomunkasi dengan baik, kemandirian dan rasa percaya diri yang baik. Kedua, pembentukan keterampilan sosial melalaui pendekatan beyond centre and circle time dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang sudah ditentukan standar capaian perkembangan dengan berpedoman berdasarkan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Ketiga, kendala yang dialami oleh guru adalah terdapat beberapa guru yang belum memahami secara utuh pendekatan Beyond Centre And Circle Time, guru juga kesulitan dalam memilih kegiatan maian dan pembuat APE.