Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kognitif Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Abstract

Kognitif anak usia dini memerlukan strategi pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kognitif pada anak usia dini 5-6 tahun. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian guru kelas dan guru pendamping. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi guru dalam meningkatkan kognitif pada anak usia dini 5-6 tahun, berkaitan dengan perkembangan kognitif anak usia dini sudah cukup baik, dapat dilihat dari perkembangan menalar anak, pengenalan simbol-simbol, mengenal tekstur dan memperhatikan guru yang sedang mengajar di depan kelas. Seiring dengan strategi yang dijalankan guru dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini adalah dengan pembentukan strategi pembelajaran berpusat pada anak, strategi belajar melalui bermain, stategi belajar melalui bercerita, strategi belajar melalui bernyanyi, strategi pembelajaran terpadu dan strategi pembelajaran mengembangkan 8 kecerdasan yang telah diterapkan oleh guru. Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kognitif adalah keterbatasan biaya dari pihak sekolah dan kurangnya alat dan media pembelajaran