Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Parental Involvement Terhadap Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Hadirnya virus Covid-19 yang melanda dunia memberikan banyak perubahan pada proses pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan sosial emosional, parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional dan pengaruh pembelajaran daring dan parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah seluruh orangtua yang memiliki anak kelompok B usia 5 – 6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui google form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, dan analisis jalur (parh analysis). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 18,4% dengan total hitung 1,948<2,000, artinya H0 diterima H1 ditolak, kemudian pengaruh parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 14,8% dengan total hitung 1,613<2,000, artinya H0 diterima H1 ditolak dan pengaruh antara pembelajaran daring dan parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 33,4% dengan total nilai hitung sebesar 14,269>2,000, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut menginformasikan bahwa pembelajaran daring dan parental involvement jika dijalankan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan akan tetapi jika dilaksanakan secara bersama-sama maka akan mempengaruhi proses peningkatan kecerdasan sosial emosional anak