PENERAPAN METODE AL BARQY DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI RUTABA SUKUN MALANG

Abstract

Muslim dianjurkan untuk mempelajari Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid. Namun tidak semua muslim dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran muslim akan pentingnya pembelajaran Al-Qur’an sejak dini dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan mengetahui hasil dari penerapan metode Al Barqy di Rutaba Sukun Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Instrumen utama peneliti sendiri. Lokasi penelitian di Rutaba Sukun Malang. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan data. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian penerapan metode Al Barqy dalam membaca Al Qur’an pada anak di Rutaba Sukun Malang terdapat 3 tahapan: pembelajaran Al Barqy klasikal, pembelajaran Al Barqy individu, pengambilan nilai dengan membangun komunikasi walisantri. Hasil penerapan metode Al Barqy bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah mulai aktif walau terbata-bata dengan kemampuan penguasaan materi Al Barqy masih belum sepenuhnya optimal.