IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN PADA SISWA MTs NURUL ULUM MALANG

Abstract

Untuk mengembangkan karakter siswa dalam membentuk perilaku menghargai, menghormati waktu serta meningkatkan tanggung jawab siswa dan sebagai penerus generasi bangsa maka diperlukan sikap kedisplinan. Kedisiplinan bermanfaat agar siswa memiliki rasa tanggung jawab dan mempengaruhi pribadi siswa. Dalam MTs Nurul Ulum Malang ditemukan banyak permasalahan terkait dengan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Hal ini dilihat dari adanya pelanggaran tata tertib sekolah yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Siswa yang melanggar, terkadang mengganggap remeh aturan tersebut sehingga tidak adanya kesadaran tentang kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian yaitu memberikan andil dalam keilmuan terhadap dunia pendidikan sehingga mampu menanggulangi permasalahan tentang kedisplinan melalui penerapan dan pengembangan karakter disiplin pada siswa MTs Nurul Ulum Malang dengan berbasis pendidikan pesantren. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipilih adalah analisis deskriptif kualitatif