Penerapan Media Puzzle Tebak Gambar dalam Meningkatkan Penguasaan Kalimat Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Datarang

Abstract

penerapan media puzzle tebak gambar dalam meningkatkan penguasaan menyusun kalimat siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Datarang. Dibimbing oleh Fatmawati dan Nur Fadilah Amin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media puzzle tebak gambar terhadap penguasaan menyusun kalimat bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Datarang. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 77,6% (kategori baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,3 % (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 9,7% nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan media puzzle tebak gambar. Hipotesis alternative  diterima menunjukkan bahwa media puzzle tebak gambar dapat meningkatkan penguasaan menyusun kalimat bahasa Arab siswa. Berdasarkan hasil uji t tes terdapat nilai sig. sebesar 0,045  0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada nilai pretest-posttest siklus I dan II siswa.