Model Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peranan penting dalam penyadaran nilai-nilai ajaran Islam. Namun dalam praktiknya, proses pembelajaran PAI yang berlangsung selama ini cenderung hanya memfokuskan pada aspek kognitif semata dan mengabaikan aspek afektif. Kenyataan diatas berakibat pembelajaran PAI yang selama ini berlangsung di sekolah tidak efektif, bahkan cenderung mengalami kegagalan dalam pembentukan moralitas peserta didik. Dalam konteks diatas, maka pembelajaran PAI tidak mungkin dapat mencapai tujuannya jika hanya berkutat pada transformasi pengetahuan agama semata kepada peserta didik. Pembelajaran PAI harus dikembangkan ke arah proses internalisasi nilai yang dibarengi dengan aspek kognitif, sehingga timbul dorongan yang kuat untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Pembelajaran nilai melalui mata pelajaran PAI memberi dampak bagi perkembangan moralitas siswa yang tercermin dalam perilaku keberagamaan mereka