PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PAI KELAS XII IPA 1 DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG LAMPUNG

Abstract

Melalui Observasi Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, masalah yang ditemukan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. salah satu rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan berbagai faktor yaitu dikarenakan penggunaan metode ataupun metode pembelajaran yang tidak sesuai dan kurang tepat, sehingga siswa tidak dapat dengan mudah memahami serta menguasai materi yang disampaikan. Dengan demikian, beberapa siswa terlihat bosan dan tidak konsen dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut cara yang akan digunakan adalah dengan menggunakan metode problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunakan metode problem based learning dalam meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Pernikahan dalamĀ  islam kelas XII di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) proses pelaksanaan PTK mempunyai empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung yang berjumlah 26 siswa dilaksanakan pada 3 siklus. Metode pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh persentase hasil aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI menggunakan metode problem based learning sebesar 65% pada siklus pertama. Proses penerapan metode problem based learning dalam pembelajaran PAI meningkat pada siklus II sebesar 85% dan 100% pada siklus III. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode problem based learning dapat meningkatkan HasilĀ  belajar siswa.