PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pengembangan kognitif anak di TK Aisyiyah 1 Pringsewu Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik serta peserta didik dan wali murid. Pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang telah peneliti peroleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yaitu dengan penyajian data, kemudian reduksi data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik danĀ  sumber. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa perenanaan pembelajaran dimulai dengan pembuatan program tahunan, pembuatan rencana pelaksanaan mingguan dan rencana pelaksanaan pmbelajaran harian, yang harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut yakni menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, metode pembelajaran dan pemilihan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan beberapa metode yakni metode bernyanyi, metode demonstrasi, metode proyek, metode eksperimen, metode pemberian tugas serta metode bercerita. Evaluasi pembelajaran menggunakan daily report yang tertuang kegiatan harian siswa yang merujuk pada perkembangan kognitif yakni tentang mewarnai, percampuran warna, pemecahan masalah dan pengelompokan benda disekitar, asessment middle semester kegiatan pertemuan setiap pertengahan semester yang membahas tentang perkembangan kognitif anak selama kurang lebih 3 bulan, semester akhir yakni pelaporan seluruh aspek perkembangan yakni perkembangan kognitif yang terbagi menjadi tugas ranah penilaian yakni belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis, dan berfikir simbolik.