Manajemen Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Abstract

This article is the result of research on Principal Management in New Student Admission (PPDB)” at SMP Muhammadiyah Sungai Bahar in 2021/2022. The main problem is why the principal's management has not been able to improve the quality of new student admissions? Meanwhile, challenges for the realization of quality education are still facing, for example the lack of available educational facilities, minimal facilities and infrastructure, lack of teaching staff, and many underprivileged citizens. The research method used is descriptive qualitative method with data collection instruments in the form of observation, interviews, and documentation. This study found that the principal's management has not been able to improve the quality of new student admissions due to weaknesses in efforts to improve its quality, both at the implementation stage and at the evaluation stage. Artikel ini merupakan hasil dari penelitian tentang manajemen Kepala Sekolah dalam Penerimaan peserta didik baru (PPDB)” di SMP Muhammadiyah Sungai Bahar tahun 2021/2022. Permasalahan utamanya adalah mengapa manajemen Kepala Sekolah belum mampu meningkatkan mutu penerimaan peserta didik baru? Sementara itu tantangan bagi terealisirnya pendidikan yang bermutu masih menghadang, misalnya kurangnya fasilitas pendidikan yang tersedia, sarana dan prasarana yang minim, kurangnya tenaga pengajar, dan masih banyak warga negara yang kurang mampu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa manajemen Kepala Sekolah yang dijalankan belum mampu meningkatkan mutu penerimaan peserta didik baru disebabkan oleh adanya kelemahan di dalam upaya peningkatan mutunya, baik pada tahap pelaksanaan maupun pada tahap evaluasinya.