Pembelajaran Dengan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini

Abstract

This study aims to see the use of hand puppet media in improving early childhood language skills in PAUD Aisyah Selat Village. The main problem in this study is why the language skills of early childhood in PAUD Aisyah Selat Village are not optimal? This study uses a descriptive qualitative approach with data collection through observation, interviews and documentation. The results showed that the use of hand puppet media has not been able to fully improve children's language skills due to the delivery of material by the teacher for too long. In addition, the types of dolls that have not been varied and the classroom atmosphere is not conducive, causing children to have difficulty answering questions, speaking, or imitating words. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di PAUD Desa Aisyah Selat. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah mengapa kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Desa Aisyah Selat belum optimal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media boneka tangan belum mampu sepenuhnya meningkatkan kemampuan bahasa anak disebabkan oleh penyampaian materi oleh guru yang terlalu lama. Di samping itu jenis boneka yang belum bervariasi serta suasana kelas yang belum kondusif, menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan, berbicara, maupun menirukan kata.