Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di Masa Covid 19 pada Bank Syariah Indonesia

Abstract

Artikel ini membahas tentang “Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Saat Masa Pandemi Covid 19 Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Muara Bulian”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah saat masa pandemi Covid-19 pada Bank Syariah Indonesia Cabang Muara Bulian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian  seluruh nasabah BSI Cabang Muara Bulian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi R2 serta Uji-t menggunakan bantuan SPSS versi 28. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dimasa pandemic covid19 dengan thitung > ttabel (4,181 > 1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimasa pandemic covid-19 dengan thitung < ttabel (0,589 < 1,985) dengan tingkat signifikan 0,015 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dimasa pandemic covid-19.