Pengaruh E-Service Quality, E-Trust Dan E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Konsumen Muslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh e-service quality, e-trust dan e-satisfaction terhadap e-loyalty konsumen muslim di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana hipotesis diuji melalui uji regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik sampel menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 orang yaitu masyarakat muslim di Kota Jambi yang pernah berbelanja online di e-commerce Shopee. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh e-service quality, e-trust dan e-satisfaction terhadap e-loyalty konsumen muslim di Kota Jambi secara parsial dan simultan. Variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung sebesar 4,470 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,000 < 0.05, variabel e-trust berpengaruh positif dan signifikan melalui uji statistik dengan nilai thitung 3,973 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,025 < 0,05, variabel efektivitas berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung 4,138 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,003 < 0,05 terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi.