Pengaruh Persepsi Kemudahan, Risiko dan Efektivitas terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Platform Crowdfunding Berbasis QR Code

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, risiko dan efektivitas terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana hipotesis diuji melalui uji regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik sampel menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 orang yaitu masyarakat muslim di Kota Jambi yang pernah menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh persepsi kemudahan, risiko dan efektivitas terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi secara parsial dan simultan. Variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung sebesar 8,722 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,008 < 0.05, variabel risiko berpengaruh negatif dan signifikan melalui uji statistik dengan nilai thitung 9,554 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,003 < 0,05, variabel efektivitas berpengaruh positif dan signifikan melalui pembuktian uji statistik dengan nilai thitung 11,063 lebih besar dari ttabel 1,664 nilai Sig 0,000 < 0,05 terhadap minat menggunakan platform crowdfunding berbasis QR kode pada masyarakat muslim di Kota Jambi.