Pengaruh Religiusitas, Pelayanan, dan Promosi terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh religiusitas, pelayanan, dan promosi terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, di mana lokasi penelitiannya adalah Bank Syariah di Pasar Angso Duo Jambi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah mengapa masih banyak pedagang yang tidak menggunakan jasa menabung di Bank Syariah Indonesia? Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode survey dengan menggunakan analisis jalur (Path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa Religiusitas berpengaruh  signifikan  terhadap  minat menabung di Bank Syariah. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Promosi tidak berpengaruh terhadap minat menabung di Bank Syariah. Religiusitas berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan menabung di Bank Syariah. Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah.  Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah. Minat berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan menabung di Bank Syariah. Religiusitas dan pelayanan secara tidak langsung melalui minat menabung berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah dan terjadi efek mediasi. Sedangkan promosi secara tidak langsung melalui minat menabung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah dan tidak terjadi efek mediasi.