PENERAPAN METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUANG

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kerena melihat perkembangan yang pesat pada peserta didik kelas 1 MTs S/TI Canduang dalam membaca kitab kuning, peserta didik sudah bisa membaca kitab dengan fasih mendeteksi perkalimat,  baik dalam segi ‘Irab, fungsi ‘irab dan lengkap dengan dalil Nadzomnya. Padahal di beberapa pondok pesantren yang peneliti temui, mayoritasnya baru bisa membaca kitab kuning setelah masuk kelas aliyah dan itupun hanya sebagian kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa penerapan Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum di MTs S/TI Canduang baik dalam hal perencanaan, langkah-langkah, Evaluasi dan Faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data, dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Perencanaan penerapan metode Al-Miftah Lil ’Ulum di MTs S/TI Canduang dilaksanakan dengan merancang program: mengutus guru-guru mengikuti pelatihan metode, memfasilitasi semua hal yang terkait dengan metode, membentuk tim penanggung  jawab metode, menerapkan metode dengan program  pilot projek, menunjuk koordinator tim metode, menerapkan pada 3 lokal yaitu kelas 1.1, 1,2 dan 4 khusus, menyerahkan secara penuh kepada tim dalam pengelolaan. Kedua, Langkah-langkah dalam penerapannya adalah: Tim membentuk 1 guru untuk 1 lokal dengan peserta melebihi 30 orang, Tim mengadakan test kepada peserta didik setiap selesai perjilid, berupa test tulis maupun  lisan, Tim mengadakan berbagai bentuk kegiatan seperti perlombaan materi, Nazhom al-Miftah Lil ’Ulum dan praktek baca kitab. Ketiga, bentuk Evaluasi Metode adalah dengan melakukan: Pre test, Post test, Mengadakan test setiap selesai perjilid, Ujian semester,  Demontrasi, Wisuda. Keempat, Faktor pendukung menerapan metode Al-Miftah Lil ’Ulum di MTs S/TI Canduang adalah: Pihak sekolah mendukung penuh program Al-Miftah dengan sistem program pilot projek, kelas 1 MTs S/TI Canduang merupakan kelas bagi pemula untuk belajar dasar. Sedangkan faktor pengahambatnya adalah: Munculnya kritikan dari sebagian orang tua peserta didik, Metode dibawah  naungan Waka kurikulum, Tim belum bisa menerapkan sistem kenaikan perjilid, Munculnya kecemburuan sosial antara peserta didik Al-Miftah Lil ’Ulum dangan yang bukan.