IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH, GURU SMP ISLAM AL ISHLAH BUKITTINGGI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penerapan kurikulum tahap uji coba di sekolah yang terakreditasi A/B atau eks RSBI yang disebut sekolah piloting/sasaran. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini membahas bagaimana penerapakan kurikulum 2013 dan strategi kepala sekolah, guru SMP Islam al Ishlah dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 mengenai strategi Kepala Sekolah dalam rekrutmen guru yang akan menerapkan kurikulum 2013 di SMP Islam al Ishlah Bukittinggi, strategi Kepala Sekolah pada kegiatan pemberdayaan guru SMP Islam al Ishlah Bukittinggi pada pembinaan akhlak siswa dalam menerapkan kurikulum 2013, strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan materi pelajaran akidah akhlak di SMP Islam al Ishlah Bukittinggi dalam menerapkan kurikulum 2013, Strategi guru mata pelajaran umum pada pembinaan akhlak siswa di SMP Islam al Ishlah Bukittinggi dalam menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif melalui pendekatan yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Untuk mencapai tujuan ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan yaitu dengan cara reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dengan verifikasi data. Hasil penelitian yaitu strategi kepala sekolah untuk penerapan kurikulum 2013 dalam hal rekrutment guru baru, ada 4 tahap yaitu menyeleksi surat lamaran, surat panggilan, tes praktek mengajar dan wawancara. Tahap yang paling menentukan adalah wawancara. Sedangkan rekrutmen (penempatan) guru dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu memberikan jam mengajar untuk setiap guru bidang studi pada setiap jenjang kelas. Strategi kepala sekolah dalam pemberdayaan guru pada pembinaan akhlak siswa yaitu mengadakan majelis ta’lim untuk seluruh guru, mengatur piket guru untuk pelaksanaan dan pengawasan esktrakurikuler siswa dan alokasi waktu untuk guru dalam membina akhlak siswa di kelas. Strategi guru akidah akhlak dalam pengembangan materi pelajaran akidah akhlak dalam menerapkan kurikulum 2013 yaitu memadukan materi di dalam buku dari diknas pendidikan dan buku dari departemen agama. Pembinaan akhlak yang dilakukan guru mata pelajaran umum di kelas dalam menerapkan kurikulum 2013 yaitu ketika ada siswa bermasalah, ketika akan ulangan harian, dan ujian semester.