KAJIAN ESENSIAL INTEGRASI ALQUR’AN KEDALAM KURIKULUM MATA PELAJARAN UMUM

Abstract

Al-Qur’an memuat ayat-ayat yang mengatur kehidupan manusia agar memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat, sedangkan ilmu pengetahuan merupakan alat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Dengan demikian Islam dan ilmu merupakan dua hal yang integral dan tidak bisa dipisahkan. Ilmu pengetahuan seyogianya berbasiskan nilai-nilai agama dan di dalam ajaran agama Islam mengandung fakta-fakta dan memberi motivasi ke arah pencarian ilmu pengetahuan dan teknologi, maka sesungguhnya Islam tidak mengenal adanya dikotomi antara agama dan ilmu pengetahuan karena keduanya bersumber dari Allah SWT. Untuk lebih memberi kekuatan nilai Islami pada kurikulum, maka disertakan atau dicari landasan Al Qur’an atau Hadits shahih yang relevan atau mendukung materi pokok yang sedang diajarkan. Namun hal ini tidak boleh dipaksakan, sehingga relevansinya terkesan dibuat-buat. Apabila tidak ada ayat Al Qur’an atau Hadits yang cocok atau relevan, maka integrasinya dilakukan secara filosofis sudah cukup.