TIPOLOGI PRILAKU KEAGAMAAN SISWA DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS. BATANG KABUNG KOTA PADANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan tipologi perilaku keagamaan siswa dan melihat hubungan tipologi perilaku tersebut dengan kemampaun kognitif anak dalam memahami dan mengamalkan pembelajaran agama islam membentuk perilaku akhlakul karimah di MTs. Batang Kabung Kota Padang. Metode penelitian ini adalah quantitative research, dengan meneliti siswa MTs Kelas VIIIA Batang Kabung sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembaran observasi, angket dan skala pengukuran perilaku keberagamaan, open-ended interview dan dokumentasi. Analisa data menggunakan persentase yang dihitung secara manual dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menentukan typologi prilaku keagamaan siswa MTs Batang Kabung Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (aqidah akhlak, Qur’an hadist dan fiqih) di MTs Batang Kabung Kota Padang menyatakan bahwa dari 21 siswa kelas VIIIA sebanyak (61,9%) memiliki hasil belajar pada kategori tinggi, dan sebanyak 38,1%) memiliki nilai hasil belajar pada kategori rendah. Pada prilaku keagamaan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam sebanyak 17 orang (81,0 %) yang memiliki prilaku sosial, dan sebanyak 4 orang (19,0 %) yang memiliki prilaku tidak sosial. Sedangkan tipologi kemampuan kognitif dan prilaku Keagamaan sebanyak 11 orang (52,4%) yang tergolong kategori Recesonable Cooperative (dibentuk berdasarkan ilmu), sebanyak 6 orang responden 28,6%) yang tergolong kategori toresenable cooperative (dibentuk oleh lingkungan yang baik), sebanyak 2 orang (9,5%) yang tergolong kategori untoresecenable cooperative (dibentuk oleh lingkungan tidak baik), dan sebanyak 2 orang (9,5%) yang tergolong extreme uncooperative (lingkungan dan kemampuan tidak mendukung).