PEMBERIAN PENGUATAN OLEH GURU DALAM MEMOTIVASI ANAK BELAJAR DI MDTA MUSHALLA HASANATUDDIN KOTA BUKITTINGGI

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa MDTA (Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah) adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan jalur pendidikan non formal yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat dalam upaya mengajarkan Al-Qur’an dan materi-materi keislaman lainnya. Seorang guru yang mampu memberikan motivasi yang baik pada anak tentu akan berpengaruh terhadap belajarnya sehingga anak dapat bersungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan atau lebih disiplin dalam belajar, tidak serius dalam belajar, sering keluar masuk, sering bolos dan datang sering tidak tepat waktu. Permasalahan pokok yang dibahas disini adalah bagaimana penguatan yang diberikan oleh guru dalam memotivasi anak belajar di MDTA Mushalla Hasanatuddin. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pemberian penguatan yang digunakan guru dalam memotivasi anak belajar di MDTA Mushalla Hasanatuddin sudah terlaksana, tetapi belum maksimal. Hal ini terlihat bahwa masih ada guru yang belum memberikan penguatan pada anak dalam bentuk memberikan hadiah, hukuman dan kedisiplinan seorang guru, tetapi dalam hal memberikan nasehat, pujian, pembiasaan dan teguran sudah mulai terlihat, begitu juga dalam pemberian penguatan dalam memberikan materi-materi pelajaran di MDTA, sudah mulai terlihat dimana guru telah memberikan penilaian pengulangan, pujian, namun dalam hal ini memberikan hadiah dan hukuman belum semua guru melaksanakanya.